Selasa, 26 Juni 2012

Rangkaian Alarm Sepeda Motor


Rangkaian Alarm Sepeda Motor. Hati-hati dengan berbagai modus pencurian sepeda motor saat ini. Semakin hari modus atau teknik pencurian sepeda motor ikut perkembangan zaman juga. Enggak itu-itu melulu, istilah lainnya semakin canggih sistem keamanan, maling juga semakin canggih mencari cara untuk nyolong.
Sekarang ini banyak terjadi pencurian sepeda motor, jika Anda menginginkan kendaraan dalam posisi yang aman dan meminimalisasi curanmor, maka Anda sebaiknya melengkapi kelengkapan sepeda motor yang Anda miliki. Demi keamanan kendaran Anda, tidak ada salahnya bila sepeda motor Anda dilengkapi dengan alarm.

Jika Anda berminat, silahkan merakit Rangkaian Alarm Sepeda Motor   ini.


Daftar Komponen :
  1. R1        : 10 KOhm
  2. R2/ R3  : 470 Ohm
  3. C1        : 1 uF
  4. ST        : Saklar Tekan
  5. IC 1      : NE555
  6. LS         : Loud Speaker 10 Ohm
  7. SCR
  8. VCC     : 12 Volt



Bagian – bagian alarm sepda motor tersebut :
  1. SCR
  2. PENGOLAH ( IC)
  3. OUTPUT(SPEAKER)
Pada dasarnya semua alarm itu mempunyai prinsip kerja yang sama yaitu bisa mengeluarkan suara .
Cara Tata Letak :
  1. Pasanglah rangkaian alarm sepeda motor tersebut pada kendaraan anda, V – (Negatif hubungkan pada body motor), dan V +( posotif) pada lubang kontak sepeda motor.
  2. ST ( Saklar tekan ) tersebut tempatkanlah pada tempat yang tersembunyi , karena itu merupakan kunci utama rangkaian alarm tersebut.
  3. Tegangan yang dibutuhkan alarm tersebut adalah 12 Volt.
Cara Kerja :
Jika Kontak dinyalakan maka alarm tersebut mengeluarakan suara, dan sepeda motor tidak bisa dinyalakan, karena saklar tekan yang tersembunyi belum ditekan. Prinsipnya yaitu setelah Anda menekan saklar tersebut maka tegangan akan masuk ke SCR dan tegangan tersebut diteruskan ke IC NE555 sebagai pusat pengolah data dari rangkaian ini.
Oleh sebab itu sebelum Anda menyalakan alarm tersebut pastikan saklar tekan yang berada di tempat tersembunyi tersebut ditekan dahulu, kemudian Anda baru bisa menyalakan kendaraan Anda.
Selamat mencoba dan merakit Rangkaian Alarm Sepeda Motor.

(Oneyasir@gmail.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar