Selasa, 26 Juni 2012

Makanan Kaya Nutrisi yang Baik untuk Tubuh



Makanan Kaya Nutrisi yang Baik untuk Tubuh
Keju
Betul sekali! Keju pastinya memiliki banyak kandungan lemak dan kalori, akan tetapi keju juga kaya akan kalsium. Apakah Anda tahu, pada keju terkandung asam linoleic, lemak “baik” yang bisa mengurangi resiko terkena kanker, penyakit jantung, dan diabetes.
Asam ini juga berfungsi untuk mencegah penumpukan lemak di tubuh Anda sehingga berat badan Anda bisa berkurang.
Saran : Coba untuk keju dengan aroma yang kuat, seperti keju feta, blue cheese dan parmesan. Atau Anda bisa coba “goat cheese” yang hanya mengandung 23 kalori / ons dibanding keju cheddar 114 kal/ons.
Coklat
Coklat salah satu makanan favorit kita yang harus kita korbankan jika ingin kurus. Jika Anda masih beranggapan coklat membuat jerawat, gemuk atau migran, lupakan saja.
Seperti Anda diketahui pada coklat mengandung antioxidant yang juga ada pada buah dan sayuran untuk melawan penyakit jantung dan kanker. Coklat memang memiliki kandungan lemak juga , akan tetapi lemak tersebut tidak meningkatkan kadar
kolesterol Anda. Bahkan coklat meningkatkan mood Anda karena mendorong otak memproduksi serotonin yang bertugas sebagai mood booster Anda.
Saran : Pilihlah dark chocolate, karena kandungan coklatnya lebih banyak dari mentega dan gulanya, contoh : Coklat Godiva atau beberapa merk yang Anda bisa liat kandungan coklatnya. Hindari coklat dengan caramel, marshmallao atau kacang, dan isi yang berupa-rupa.
Susu
Susu adalah salah satu sumber protein. Sering wanita yang sedang berdiet atau mencoba kurus, memilih diet coke dibanding dengan susu. Padahal dengan minum susu, akan mengurangi resiko Anda terkena osteoporosis, mencegah darah tinggi, dan melawan obesitas.
Saran : supaya Anda tetap langsing tetapi kalsium terpenuhi, cobalah nonfat milk, yang hanya mengandung 80kal setiap gelas. Kalau Anda terbiasa dengan fullcream , cobalah ganti secara bertahap dari yang kandungan 2%, lalu ke 1% akhirnya ke nonfat. Jika Anda menyantap cereal, gantilah susu dengan air mineral saja, atau coklat panas.
Kopi
Anda merasa tiada hari tanpa kopi? Bukan menjadi masalah. Anda bisa menikmati kopi setiap hari tanpa Anda kuatir menjadi gemuk atau terkena penyakit.
Penelitian terakhir membuktikan bahwa penyakit jantung, darah tinggi tidak berkaitan dengan kafein. Sebaliknya kafein menjauhkan Anda dari gejala penyakit alergi dan meningkatkan daya konsentrasi Anda.
Saran : Walaupun Anda pecinta kopi, batasi diri Anda dengan2-3 cangkir kopi sehari, boleh jika Anda ingin menambah sedikit cream dan gula.
Kacang
Kacang memang memiliki kandungan lemak tinggi, akan tetapi kandungan lemak jenuhnya bisa mengurangi resiko Anda terkena penyakit jantung. Kacang juga bisa mengurangi berat badan Anda, karena kandungan lemak di kacang membuat Anda merasa selalu kenyang dan mencegah Anda untuk mengemil macam-macam.
Keuntungan lainnya, kandungan magnesium dalam kacang telah terbukti bisa mengurangi sakit “datang bulan”.
Saran : Ambil segenggam kacang (170 kal)untuk snack malam atau sore. Tetapi Hindari kacang yang sudah diolah dalam bentuk makanan lain.
Telur
Banyak wanita menghindari telur karena berpikir telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Tetapi para peneliti sudah membuktikan bahwa kandungan lemak jenuh yang ada di telur diperlukan untuk jantung.
Untuk kandungan lemaknya sendiri, satu telur mengandung kurang dari 5gram , dan juga mengandung Lutein, nutrisi yang menjaga mata Anda tetap sehat.
Saran : 1 telur rebus atau goreng menjadi sarapan cukup untuk nutrisi Anda. Atau Anda membuat omelet telur putih jika Anda ingin lemaknya tidak ikut termakan.
Hindari telur yang disantap bersama “teman-temannya” seperti : bacon, biskuit manis. (Sumber: Inilah.com)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...Alpukat
Dalam setengah buah alpukat, mengandung sekitar 140 kalori yang kaya akan lemak tak jenuh, serat potasium, serta vitamin C, plus beberapa protein.

Brokoli
Sayuran hijau yang disebut-sebut mirip dengan otak itu termasuk makanan yang bisa mendongkrak tenaga. Pasalnya, dalam satu bonggol brokoli, mengandung rendah kalori dan kaya serat, asam folat, beta karoten, vitamin C, dan fitokimia, plus beberapa zat besi dan kalsium.

Ubi
Jangan remehkan umbi-umbian satu ini. Ubi yang dipandang sebelah mata karena dianggap 'makanan kampung' ternyata lebih bermanfaat ketimbang makanan kota. Ubi kaya akan vitamin A dan C, serat, dan banyak lagi. Selain itu, mengonsumsi ubi bisa menguraikan karbo secara lambat, sehingga membantu kadar gula darah tetap pada level yang sehat.
(Oneyasir@gmail.com)                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar